Angkatan 2008

Angkatan 2008
Semua hal tentang angkatan 2008

Akademis Kelas A

Akademis Kelas B

Lainnya

Jurnalistik: Materi Jurnalistik Ketiga "Ragam Berita"

Kamis, 07 Oktober 2010

Materi ketiga dari Mata Kuliah Jurnalistik 1, bab Ragam Berita, oleh dosen Sri Herwindya BW. S.Sos., M.Si. bisa

didownload di sini...

Semoga bermanfaat. 

  
Sekilas Isi

RAGAM BERITA
Berdasarkan gaya penulisan dan atau ukuran kemenarikannya, berita dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu :
Berita langsung/straight news adalah jenis berita yang menginformasikan peristiwa dengan momentum tiba-tiba, sehingga perlu segera diberitakan kepada para pembaca. Peristiwa yang paling aktual saja yang dapat ditulis dalam bentuk format berita langsung.
Berita ringan/soft news adalah jenis berita untuk menginformasikan peristiwa menarik, namun tidak terlalu bermanfaat secara langsung kepada pembaca dimana aktualitas tidak terlalu diutamakan.
Berita kisah/feature adalah jenis berita untuk menginformasikan hal yang bersifat manusiawi (human interest) pada suatu peristiwa yang dapat menyentuh perasaan pembaca. Sehingga dapat menimbulkan simpati/empati dari pembaca. Berita kisah juga tidak terlalu mengutamakan aktualitas berdasarkan waktu kejadian.
Laporan/berita mendalam/indepth news adalah berita untuk memaparkan panjang lebar suatu persoalan tentang kejadian tertentu dimana berita langsung, berita ringan atau berita kisah tidak cukup rinci menjelaskan persoalan peristiwa bersangkutan. Jenis berita ini mengungkap/meliput secara mendalam seluk beluk persoalan peristiwa menggejala/fenomena.
Laporan/berita investigasi/investigating news adalah berita berita untuk memaparkan panjang lebar suatu persoalan tentang kasus tertentu yang terkesan tertutup/ditutupi. Model peliputannya adalah melalui penyelidikan atau invetigasi ke lapangan.
 
.......................................

 

0 komentar:

Posting Komentar